Monday 19 October 2015

Tutorial Memperkecil Ukuran Gambar Ms. Office Picture Manager

Pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan sebuah tutorial yaitu cara memperkecil ukuran gambar/foto dengan menggunakan aplikasi Ms Office Picture Manager. 

Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan windows.

Biasanya ini kita gunakan untuk keperluan misalnya ada tugas yang harus dikirim via email, lamaran pekerjaan yang mewajibkan upload pas foto dengan batasan ukuran tertentu, dsb.

Cara ini mungkin sudah sering dijumpai di pencarian google, namun mungkin ada di antara kita yang belum mengetahuinya jadi tidak ada salahnya kita ulas kembali.

        Aplikasi yang kita gunakan adalah Microsoft Office Picture Manager.
       
Jika Anda menggunakan Ms. Office 2007, aplikasi ini sudah tersedia dalam satu paket Ms. Office 2007. Langsung saja caranya kita buka terlebih dahulu Ms. Picture Manager. Start menu – All Program – Ms office 2007 – Microsoft Office Tools - Ms Office Picture Manager. 
      
Atau langsung pilih gambar yang akan dikompress lalu di kiri atas klik open dan pilih Ms. Office Picture Manager.
     

Saya memakai foto dari keponakan saya, dengan ukuran file foto sekitar 1,18 Mb. Foto ini akan kita perkecil ukurannya menjadi beberapa kb. 

Setelah gambar terbuka pilih edit picture lalu akan muncul menu di samping kanan dan pilih compress picture.



Setelah itu akan muncul menu compress picture dan atur ukuran di bagian compress for, pilih salah satu dari empat opsi sesuai kebutuhan dan akan muncul perkiraan hasil ukuran sesudah pengaturan di bagian estimated total size

Saya memilih opsi compress for : Documents. Anda juga bisa mencoba opsi lainnya sesuai kebutuhan.


Terlihat dari gambar di atas original size (ukuran asli) dari foto tersebut adalah 1,18 Mb dan setelah compress menjadi 161 kb saja. Setelah itu klik OK

Setelah itu simpan foto tersebut. Cara untuk menyimpannya sama halnya dengan aplikasi lain yaitu file – save as.

Oke itulah tutorial saya tentang cara memperkecil ukuran foto, kita jumpa lagi di tutorial – tutorial selanjutnya..

No comments:

Post a Comment