Friday 22 February 2019

Pendidikan Singkat 1 Tahun, Perlukah ?

Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan untuk masyarakat saat ini. Pemerintah sudah mencanangkan pendidikan dasar 12 tahun, mulai jenjang SD, SMP, SMA/SMK. Pemerintahpun setiap tahunnya berupaya untuk memajukan sektor pendidikan ini. 


Usaha dari pemerintah diantaranya, adanya bantuan perbaikan sekolah, adanya diklat untuk pendidik, perbaikan kesejahteraan pendidik, memperbaiki akses menuju ke sekolah, dan lain lain.

Adanya kebutuhan pendidikan juga merupakan sebuah tuntutan dari sebuah pekerjaan. Banyak perusahaan yang mengharuskan calon karyawannya memiliki jenjang pendidikan tertentu untuk menempati posisi tertentu di perusahaannya. Hal ini terkait dengan posisi dan tanggungjawab di perusahaan serta kapasitas usaha dari perusahaan tersebut.

Dengan adanya kebutuhan akan pendidikan D3/S1, banyak anak setingkat SLTA ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Banyak sekali pilihan pendidikan tinggi yang tersedia di seluruh Indonesia. Baik yang negeri maupun dikelola oleh pihak swasta dengan aneka macam jurusan yang sesuai dengan kebutuhan yang tersedia.

Namun untuk saat ini banyak dari lulusan SLTA sederajat yang belum berkesempatan untuk menempuh jenjang pendidikan D3/S1 dikarenakan mahalnya biaya dan banyak pula yang tidak berkesempatan dikarenakan mengalami kegagalan dalam tes masuk dan karena faktor - faktor lain. 

Dengan adanya itu maka banyak bermunculan kursus, dan pendidikan singkat 1 tahun di berbagai wilayah. Ini patut diapresiasi, karena tujuan mereka dibentuk adalah untuk meningkatkan skill dan ketrampilan peserta didiknya untuk masuk ke dunia kerja.

Pendidikan singkat ini memiliki jurusan - jurusan yang memang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. Misalnya dalam bidang Komputer aplikasi perkantoran, Fotografi, Akuntansi, Desain grafis dan berbagai macam plihan jurusan lainnya. Banyak juga diantara lembaga pendidikan 1 tahun tersebut memiliki relasi dan rekanan di perusahaan, sehingga membantu para peserta didiknya untuk memasuki dunia kerja. 

Pola pembelajaran yang diterapkan di lembaga pendidikan 1 tahun ini mirip dengan kuliah D3/S1. Yaitu adanya pembelajaran teori dan praktik yang membuat peserta didiknya menjadi lebih siap dan cepat memasuki dunia kerja, dan yang membedakan adalah lama waktu belajarnya, yakni hanya 1 tahun saja. Dengan lama pendidikan yang hanya 1 tahun memungkinkan biaya pendidikan bisa lebih murah dibandingkan D3/S1.

Namun apakah dengan pendidikan 1 tahun saja cukup ? Tentu tidak..

Karena mencari ilmu tidak dibatasi usia, para alumni dari pendidikan 1 tahun atau bisa disebut kuliah singkat satu tahun, tersebut masih bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di D3/S1. 

Melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi tentu bisa dilakukan sambil bekerja, dan menggunakan biaya sendiri tanpa membebani orang tua. Tentu ini sangat membanggakan, yakni bisa kuliah D3/ S1 dengan biaya sendiri.

Salah satu lembaga pendidikan 1 tahun yang cukup populer atau tempat kuliah singkat satu tahun dan sudah dipercaya oleh masyarakat luas adalah MAGISTRA UTAMA . 

Logo Baru Magistra Utama
                      
MAGISTRA UTAMA adalah lembaga pendidikan dan pelatihan kerja 1 (satu) tahun, -masyarakat biasa menyebutnya dengan kuliah singkat Magistra Utama -yang mendidik Peserta Programnya menjadi siap dan langsung kerja. 

Adapun sistem pelayanan kuliah singkat MAGISTRA UTAMA yang membedakan dengan lembaga lain yaitu sistem pelayanan 3D :

1. Dididik dari 0 (nol)

Kita dari jurusan SLTA manapun bebas memilih jurusan apapun di MAGISTRA UTAMA karena akan dididik dari dasar

2. Diuji sampai lulus

Setelah kita dididik sesuai jurusan yang kita ambil, maka kita akan diuji sejauh manakah kemampuan kita dalam memahami teori dan praktik, agar kita menjadi lebih siap untuk memasuki dunia kerja

3. Dibantu mencari pekerjaan sampai benar - benar mendapatkannya

ini sebuah layanan istimewa bagi peserta program MAGISTRA UTAMA untuk mendapatkan pekerjaan pertama.

Itu adalah salah satu contoh layanan di MAGISTRA UTAMA. Untuk galeri foto dan video kegiatan alumni bisa di klik di sini atau untuk bisa daftar online di sini

MAGISTRA UTAMA merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan terbaik se-Indonesia. Karena telah meluluskan 58.333 alumni sejak tahun 1996 dan rata - rata Peserta Program MAGISTRA UTAMA 94% Bekerja Sebelum Lulus

Dengan predikat lembaga pendidikan dan pelatihan terbaik se- Indonesia maka kualitas dari Magistra Utama tidak perlu diragukan lagi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Singkat 1 Tahun atau kuliah singkat Magistra Utama diperlukan untuk saat ini. 

Dikarenakan dinamika dunia kerja yang membutuhkan tenaga kerja yang terampil di usia yang sangat muda, serta dengan biaya yang lebih murah, sehingga lebih bisa meringankan beban orang tua kita. Thanks

Silakan di-share

1 comment: