Monday 4 March 2019

5 Manfaat Mengikuti Pendidikan Di Sekolah


Sudah tau kah tentang definisi pendidikan ?

Menurut Undang - undang No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, pengertian pendidikan yaitu:
“Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.


Dari definisi tersebut, sekolah tidak hanya semata – mata untuk mendapatkan ijazah dan nilai, lebih dari itu pendidikan di sekolah adalah sebagai sarana pengembangan diri bagi para peserta didiknya.

Selain itu dengan pendidikan diharapkan dapat merubah perilaku dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dan dari tidak berilmu menjadi seorang yang berilmu.

Lantas jika begitu masih adakah yang malas untuk sekolah ??

Nah jika kita malas untuk sekolah, di bawah ini ada lima hal yang bisa memicu semangat kita untuk bangkit menjadi lebih bersemangat untuk sekolah. Antara lain :
          

                

Mendapat beragam ilmu

Ketika kita masih muda, kita sangat mudah untuk menyerap ilmu pelajaran. Karena kemampuan otak sangat berkembang pesat ketika fase dari anak – anak menuju remaja.

Kesempatan ini harus kita gunakan untuk belajar banyak hal. Kita akan tahu bahwa banyak sekali ilmu di luar sana yang sangat menarik untuk dipelajari.

Dan pada akhirnya passion dari diri kita akan kita ketahui seiring kita mempelajari hal – hal baru

Medapatkan bimbingan ilmu dari ahlinya

Seringkali kita akan kesulitan untuk mempelajari ilmu baru dan bingung harus memulai dari mana. Dengan bersekolah kita akan dituntun oleh guru -  guru yang sudah ahli dalam bidangnya masing -  masing.

Dengan bimbingan dari guru, kita akan mudah memahami ilmu baru yang pasti menarik untuk kita pelajari.

Karena jika kita mempelajari sendiri tanpa seorang guru, kita bisa terjebak dalam pemahaman konsep yang salah terhadap sebuah ilmu. Kita juga akan dituntun dan memahami manfaat apa yang kita peroleh jika kita belajar ilmu tersebut.

Misalkan kita belajar Bahasa Indonesia, maka kta akan diajari tata bahasa yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan, belajar puisi, hikayat, menyusun kalimat dan masih banyak lagi


Mendapatkan relasi

Relasi atau pertemanan sangat kita butuhkan, karena kita adalah makhluk sosial.

Dengan mengikuti pendidikan di sekolah maka kita akan mempunyai banyak teman, bahkan kita akan menemukan sahabat yang baik bagi diri kita

Dengan relasi pula kita bisa berdiskusi, belajar dalam kelompok. Jadi ilmu tidak sekedar dari guru, kita akan dilatih untuk saling berdiskusi bertukar pendapat dengan teman kita

Membentuk karakter diri

Karakter diri kita terbentuk oleh lingkungan kita. Kita yang terbiasa disiplin di sekolah dalam hal mengerjakan tugas – tugas maka kedisplinan tersebut akan terbawa dalam kehidupan kita.

Jadi inti dari tugas tidak sekedar nilai dan nilai, tapi juga melatih kita untuk berkomitmen dengan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab kita

Selain itu di sekolah juga dididik tentang pendidikan karakter, pendidikan kewarganegaraan, sehingga memupuk jiwa nasionalis kita

Mendidik kita menjadi kuat dan berdaya saing

Maksud dari pernyataan ini adalah dalam sekolah tak jarang ada persaingan antar teman. Nah disini kita akan diajarkan bagaimana bersaing dengan teman secara sehat.

Sehingga akan melatih mental kita untuk menjadi pribadi yang kuat dan siap bersaing secara sehat.



Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan di sekolah penting untuk masa depan kita. Pentingnya pendidikan di sekolah baik SD, SMP, SMA/SMK sudah sesuai dengan jenjang umur dari setiap anak.

Kita akan mendapat porsi pelajaran yang pas dengan jenjang kita

Dan yang perlu kita ingat adalah masih banyak di luar sana anak – anak yang putus sekolah.

Bukan karena mereka malas namun kondisi dan keadaan memaksa mereka untuk tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi..

Jadi kita harus bersyukur jika kita masih diberi kesempatan untuk bersekolah.



Sekian Terimakasih, silakan di share...

No comments:

Post a Comment