Friday 31 May 2019

Perjuangan Mendapatkan Pekerjaan Pertama


                               

Pekerjaan pertama adalah idaman bagi setiap lulusan baik dari sekolah tingkat atas ataupun lulusan perguruan tinggi. Termasuk saya setelah lulus dari perguruan tinggi dulu.

Setelah lulus petualangan baru dimulai. Banyak perusahaan yang saya kirimi surat lamaran. Baik secara langsung ataupun saya lamar via online melalui email, ataupun situs- situs lowongan pekerjaan seperti Jobstreet, jobs.id, karir.com dan lain – lain.

Dari sekian banyak yang saya lamar, hanya beberapa saja yang ada panggilan. Dan semua berakhir pada kegagalan.

Kadang terasa lelah dan letih karena tidak ada hasil sama sekali dari semua perjuangan. Sempat merasa frustasi dan bingung mau melakukan apa. Namun saya bersyukur mempunyai orang tua yang luar biasa men-support terus.

Orang tua selalu memberi semangat kepada saya agar terus berjuang, tidak menyerah, karena rejeki tidak akan salah alamat.

Rejeki akan selalu datang jika kita sudah berusaha kuat untuk mendapatkannya diiringi dengan sabar dan doa.

Itulah nasehat dari orang tua dan saudara – saudara saya dulu ketika pekerjaan tidak segera saya dapatkan.

Ada beberapa hal yang membuat saya tetap semangat dalam mencari pekerjaan walaupun sulit, diantaranya :

Support Orang Tua dan Saudara

Peran orang tua dalam memberi semangat memang sangat penting. Banyak orang yang telah membuktikan, termasuk saya. Karena orang terdekat dari kita adalah orang tua dan saudara kita. Mungkin teman juga banyak kita miliki, namun tidak semua akan hadir disaat kita membutuhkan.

Mengabaikan Komentar Negatif

Seringkali ketika awal kita lulus dari sekolah atau kuliah, orang disekitar kita misalnya tetangga atau teman, ada yang berkomentar negatif. Jika kita terlalu memperhatikan setiap komentar negatif yang ada, maka semangat kita akan down, dan membenarkan apa yang menjadi perkataan negatif mereka.

Sering Mendengar Motivasi

Di luar sana banyak sekali motivator – motivator terkenal. Saya sering mengikuti media sosial mereka, youtube mereka, dan banyak motivasi – motivasi yang bisa kita ambil.

Dan juga kita bisa mengikuti kisah – kisah sukses orang – orang besar di dunia ini. Kisah mereka sangat inspiratif yang membuat kita menjadi sangat bersemangat.

Senantiasa Berusaha, Beribadah dan Berdoa

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Apapun usaha yang kita lakukan tidak akan pernah ada yang sia – sia. Itu yang selalu saya yakini sejak dulu.

Selain usaha, kita harus mengimbangi dengan beribadah dan berdoa secara teratur, mendekatkan diri kepada Allah, karena Allah Sang Maha Pemberi Rezeki.

Jadi usaha lahir batin kita dalam mencari pekerjaan akan senantiasa terjaga dan mendapat Ridho-Nya dan Insya Allah upaya kita akan berhasil dalam mendapatkan pekerjaan.


Silaturahmi dengan Teman dan Orang Lain

Silaturahmi ini penting, karena bisa jadi dengan kita berinteraksi dengan orang lain, kita akan ditawari pekerjaan oleh orang tersebut. Itu yang terjadi pada saya dulu, setelah lulus saya dan teman - teman tetap saling menjaga komunikasi.

Hingga pada suatu ketika, saya ditawari sebuah pekerjaan di dealer sepeda motor. Saya mencoba melamar kesana, dan Alhamdulillah inilah pertama kalinya saya bekerja, sebagai seorang staff akunting. 

Ini sangat saya syukuri setelah perjuangan melamar pekerjaan kemana - mana.



Itulah beberapa hal yang membuat saya semangat dalam mendapatkan pekerjaan pertama. Pekerjaan pertama itu penting, karena akan membuka jalan menuju pekerjaan – pekerjaan terbaik di masa depan.

Tak jarang juga dari pekerjaan pertama, bisa merintis menjadi seoarang wirausahawan sukses di masa depan.

Apapun pekerjaan pertamamu, syukurilah, karena di luar sana banyak yang belum beruntung mendapatkan pekerjaan.

Terimakasih.

No comments:

Post a Comment