Sunday 24 March 2019

10 TIPS MENGHINDARI PENIPUAN LOWONGAN KERJA

<a href="https://www.freepik.com/free-photos-vectors/background">Background photo created by freepik - www.freepik.com</a>
Menghindari Penipuan Lowongan Kerja
                            
Banyak dari kita yang saat ini sedang ber-ikhtiar mencari pekerjaan. Memang di era saat ini cukup sulit mencari pekerjaan dikarenakan minimnya loker dan banyaknya pencari kerja.

Para pencari kerja pun berasal dari berbagai jenjang mulai lulusan sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Melihat adanya kesempatan ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup keuntungan.

Bahkan rekan saya pun pernah terkena penipuan loker. Pada awalnya rekan saya ditawari sebuah pekerjaan. Namun dengan persyaratan yang mudah sekali, yakni tanpa tes hanya wawancara saja setelah itu bekerja. Dan dia tidak merasa curiga sama sekali. Setelah itu dia diharuskan membayar uang sebesar 8 juta rupiah. Itu jumlah yang cukup fantastis. Karena merasa curiga dia lantas tidak melanjutkan proses tersebut. Setelah itu dia bertanya- tanya, browsing – browsing dan ditemukan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan fiktif.

Dari pengalaman pahit tersebut, maka kita harus lebih waspada supaya tidak terkena penipuan lowongan kerja.

Nah disini saya akan berbagi tips supaya kita bisa menghindari penipuan lowongan kerja

Pastikan Lokasi dari Perusahaan

Perusahaan pada umumnya memiliki kantor dan alamat yang jelas, serta ada nomor telepon yang bisa dihubungi. Ada baiknya ketika Anda menemukan suatu informasi lowongan, lebih baik kroscek lokasinya terlebih dahulu.

Jika lokasi perusahaan terjangkau maka anda bisa mendatanginya terlebih dahulu untuk memastikan apakah perusahaan itu benar – benar ada.

Dan jika di luar kota maka anda bisa mengeceknya melalui google. Memang sih tidak semua perusahaan pasti terdaftar di google. Mungkin itu perusahaan baru, atau memang skala dari perusahaan tersebut memang bukan perusahaan besar jadi tidak ter-index di google. Maka kalo kondisinya seperti itu kita lanjut ke tips yang ke dua

Bertanya di Forum Loker

Jika perusahaan di luar kota maka anda bisa cek dengan menanyakan di forum – forum lowongan kerja. Misalnya di Facebook, Instagram, Telegram, LinkedIn, dan masih banyak lagi.

Sekarang sudah banyak grup dan forum lowongan kerja yang dibuat bahkan berbasis kota, misal Madiun, Surabaya, Solo Raya, Yogyakarta dan masih banyak lagi. 

Dengan anda bertanya dan berinteraksi di forum – forum tersebut, harapannya akan ada anggota forum yang memberitahu tentang perusahaan tersebut.

Sehingga anda benar – benar dapat memastikan apakah perusahaan tersebut benar – benar ada atau tidak.

Cari Profile Perusahaan

Anda harus mengetahui profile perusahaan yang akan anda lamar.

Profile perusahaan yang dimaksud diantaranya perusahaan bergerak dibidang apa, apa produk yang mereka miliki, berapa usia perusahaan dan lain sebagainya.

Sehingga anda akan memiliki gambaran tentang perusahaan yang akan anda lamar. Dengan mengenal profile perusahaan maka anda tidak akan ragu untuk melamar.




Perhatikan Informasi Lowongan Kerja dengan Baik

Seringkali keinginan untuk segera memiliki pekerjaan, membuat kurang teliti dalam melihat informasi lowongan pekerjaan.

Maksud dari poin ini adalah, seringkali lowongan kerja yang mengandung unsur penipuan memiliki ciri – ciri tersendiri. 

Misalnya di dalam informasi loker tersebut mencantumkan hal – hal yang berlebihan misalnya 

“tidak perlu pengalaman sama sekali”, 
“datang langsung kerja”, 
“gaji fantastis” 

atau hal hal lain yang janggal.

Kalimat seperti itu dirasa sangat janggal dan seringkali ditemui di informasi lowongan kerja yang abal – abal. Maka dari itu anda jangan sampai tergiur jika ada kalimat – kalimat aneh yang tertulis di informasi lowongan kerja.

Baca pelan – pelan per kata dengan hati dan pikiran yang jernih, sehingga kita tidak terpengaruh dengan kata – kata yang janggal seperti contoh di atas.

Mengharuskan Kita Membayar Uang dengan Jumlah Tertentu

Yapp ini yang kita singgung di awal tadi. Perusahaan umumnya tidak akan pernah memungut uang sedikitpun dari calon karyawannya. Kalaupun ada biaya administrasi, biaya seragam misalnya, jumlahnya tidak akan fantastis.

Bahkan pernah ada temen saya yang melamar di suatu perusahaan industri alat berat, mengharuskan membayar untuk seragam, dan itupun jumlahnya tidak sampai jutaan.

Jika anda melamar kerja dan diharuskan membayar nominal dalam jumlah yang tidak wajar, maka anda patut curiga dan waspada. Ada kemungkinan itu adalah penipuan

Waspada Jika Memiliki Ketentuan yang Aneh

Ketentuan yang aneh disini adalah misalnya mengharuskan membawa materai 6 lembar, tidak perlu membawa surat lamaran, dan syarat lain yang aneh.

Jika ada ketentuan seperti itu anda patut untuk curiga.

Waspada Jika Menawarkan Gaji yang Fantastis

Seringkali kita tergiur dengan gaji yang besar, padahal untuk mencapai gaji yang besar diperlukan tahapan - tahapan yang tidak singkat. 

Tidak ada perusahaan yang memberikan gaji fantastis untuk karyawan barunya yang fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja sama sekali.

Mereka yang menipu guna menarik calon korbannya memberikan iming – iming gaji yang besar dan bahkan jauh di atas UMK kota tempat perusahaan itu berada.

Jadi waspadalah jika ada yang menaawarkan gaji yang jauh diatas UMK. Karena tujuan utama bekerja adalah ingin memperoleh pendapatan, namun pendapatan itu akan didapat secara bertahap sesuai dengan kinerja dan posisi jabatan anda di perusahaan.

Waspada Jika Lokasi Wawancara Tidak Wajar

Ini berdasarkan pengalaman saya dulu melamar kerja via online, dan penempatan untuk kota Madiun dan sekitarnya. Namun wawancaranya sampai ke Pekanbaru, Riau dan menurut saya ini sudah sangat di luar kewajaran. Karena pada dasarnya perusahaan ini punya kantor cabang yang dekat yakni di daerah Jawa Timur.

Pernah juga di forum loker Facebook diceritakan bahwa ada 2 orang pelamar kerja dari luar kota Madiun, namun pihak yang menawari pekerjaan mewawancarainya di Alun – alun kota. 

Ini sungguh tidak wajar, karena harusnya wawancara dilakukan di kantor dan bukan di Alun – alun.


BACA JUGA : 


Waspada Jika Perusahaan tersebut Bekerjasama dengan Agen Travel Tertentu

Ini bentuk penipuan yang sangat jelas terjadi. Biasanya ini terjadi ketika kita melamar kerja secara online dan mendapatkan email untuk mendatangi wawancara namun dengan ketentuan harus membayar biaya travel yang sudah disediakan oleh perusahaan.

Sepengalaman saya selama ini, belum pernah ada perusahaan resmi yang benar – benar memberikan fasilitas antar jemput dan kerja sama dengan agen travel untuk mengakomodir perjalanan calon karyawannya. Karena logikanya itu adalah suatu bentuk pemborosan bagi perusahaan.

Jadi jika anda mendapatkan email panggilan interview dan perusahaan menyediakan akomodasi perjalanan via travel, maka anda patut curiga dan lebih baik diabaikan.

Waspada Jika Perusahaan Menggunakan Email Gratisan

Yapp email gratisan yang dimaksud adalah gmail.com, yahoo.com, outlook.com dan lain sebagainya. Memang beberapa perusahaan ada yang menggunakan email gratis, namun jika itu perusahaan besar seringkali mereka punya email corporate milik mereka sendiri.

Untuk memastikan email itu resmi atau tidak, bisa kita lihat di website resmi mereka, atau mengunjungi cabang perusahaan terdekat.



Itulah tadi tips dari saya berdasarkan pengalaman saya dan pengalaman teman-teman saya. Jadi tetap waspada dalam mencari pekerjaan yang ideal buat kalian. Jika masih awam tentang informasi dunia kerja, alangkah kita lebih baik bertanya pada orang – orang yang sudah berpengalaman misalnya orang tua, saudara, teman, tetangga, guru dan lain sebagainya.

Semakin banyak kita mencari wawasan tentang perusahaan yang akan kita lamar, maka akan menjauhkan kita dari segala bentuk penipuan lowongan kerja.

Mungkin terkesan ribet untuk sekedar mencari pekerjaan, namun hal ini juga untuk kebaikan diri kita. Jadi tetap semangat untuk berusaha dan jangan malas untuk menggali banyak informasi.

Tetap semangat dalam mencari pekerjaan yang berkah, jangan menyerah, selalu berusaha dan berdoa, Insya Allah anda akan mendapatkan apa yang memang anda usahakan.

Terimakasih silakan ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar di bawah..

4 comments: