Tuesday 19 March 2019

PENTINGKAH NILAI PELAJARAN YANG BAGUS DI KELAS ?


Ilistrasi Nilai
Sebentar lagi UNBK 2019 akan segera di mulai. Para siswa berlomba – lomba untuk meraih hasil yang maksimal. Yang menjadi indikator dari hasil maksimal ini adalah memperoleh nilai yang bagus.

Nilai pelajaran yang bagus memotivasi siswa untuk belajar dengan disiplin dan lebih giat. Banyak juga diantara mereka mengikuti bimbingan belajar atau les privat di luar sekolah. Baik bimbingan belajar yang diselenggarakan oleh organisasi bimbel atau les privat individu.


Sisi negatif dari keinginan mendapat nilai yang bagus terkadang membuat beberapa oknum siswa melakukan tindakan yang curang. Misalnya dengan mencontek teman, membawa catatan, dan lain sebagainya.

Sebenarnya ini terjadi karena adanya kekhawatiran pada diri siswa. Mereka khawatir kalo mendapatkan nilai yang jelek, dan ketika mendapat nilai yang jelek mereka khawatir dimarahi orang tua atau guru mereka.

BACA JUGA :
8 Adab yang Baik terhadap Guru
5 Manfaat Mengikuti Pendidikan Di Sekolah
Pendidikan Singkat 1 Tahun, Perlukah ?


Lantas pentingkah sebuah nilai pelajaran yang bagus itu ?

Sebelum membahas itu, kita perlu tahu bahwa nilai memang bukan segalanya. Sukses tidaknya kita di masa depan tidak tergantung pada nilai yang bagus semata. Namun banyak faktor lain, antara lain kerja keras, kerja cerdas, berdoa dan keberuntungan.

Nilai sebuah pelajaran merupakan hasil kita dalam mendalami suatu pelajaran. 

Misalnya ketika kita mempelajari pelajaran Akuntansi Dasar, maka dengan kita belajar akuntansi dan kita memahaminya, pada saat diujikan kita bisa mendapatkan hasil yang baik, dan begitu juga sebaliknya jika kita malas untuk belajar, maka akan mendapatkan nilai yang jelek.

Jadi nilai merupakan sebuah ukuran dari hasil belajar mata pelajaran di kelas kita.

Namun muncul sebuah pertanyaan,

“kan setiap orang punya keahlian masing – masing ? dan belum tentu kemampuan setiap orang menerima pelajaran itu pasti sama ?”
“kan nilai raport bukan segalanya, banyak orang sukses tapi nilainya jelek”

Pasti kalimat – kalimat di atas sering kita dengar. Betul nilai pelajaran bukan penentu kesuksesan kita. Namun ada beberapa keuntungan jika kita memiliki nilai pelajaran yang bagus diantaranya :
  1. Bisa menemukan cara belajar yang efektif dan efisien.
  2. Kita bisa mendapatkan beasiswa di sekolah.
  3. Menjadi pertimbangan ketika masuk Perguruan Tinggi.
  4. Memperoleh rekomendasi guru untuk masuk dunia kerja jika SMK

Contoh di atas hanya gambaran kecil saja.

Sekarang kita masuk ke pembahasan inti dari tema nilai ini.

Ada hal yang lebih penting dari sebuah nilai, yaitu perjuangan dan usaha kita mendapatkan nilai tersebut. Perjuangan dan usaha yang dimaksud disini adalah proses kita belajar. Ilmu yang diberikan selama di jenjang sekolah sampai kuliah oleh pengajar, bukan sekedar sebagai bahan hapalan. Namun sebagai tambahan pengetahuan kita, dan mengajari kita bagaimana cara berpikir secara ilmiah.

Inilah yang lebih penting dari sekedar nilai. Upaya kita dalam proses belajar dan menguasai setiap ilmu baru harus dimaksimalkan. Karena dalam perjalanannya kita akan menemukan mana yang akan menjadi passion kita.

Seperti halnya seperti yang pernah penulis alami dulu. Dulu penulis adalah seorang siswa SMA jurusan IPS. Sangat berat bagi penulis untuk menguasai materi – materi IPA. Hingga pada saat penjurusan kelas XI, penulis masuk di jurusan IPS. Dan akhirnya memang itulah rejeki dan passionnya. Karena di jurusan IPS penulis menemukan pelajaran, ilmu dan pengalaman yang luar biasa, yang selalu harus disyukuri.

Itu hanya sekelumit contoh kecil saja. Setiap dari kita punya jalan cerita masing – masing.

Jadi bukan sekedar nilai yang menjadi poin penting, namun usaha secara jujur dan benar untuk belajarlah yang terpenting. Kita berupaya yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan belajar dengan giat. Hal inilah yang nantinya akan kita bawa di masa depan.

Dampaknya di masa depan kita akan menjadi seorang yang terbiasa untuk belajar dalam segala hal. Menjadikan kita sebagai seorang pembelajar dalam kehidupan ini.

Jika kita seorang karyawan perusahaan, maka kita menjadi seorang karyawan yang berkontribusi lebih kepada perusahaan. Sedangkan jika seorang wirausahawan, maka kita akan menjadi seorang wirausahawan yang tangguh dalam membangun bisnis yang menghasilkan produk bermanfaat bagi masyarakat.

Banyak rekan penulis, yang semasa sekolah atau kuliah yang tidak mendapatkan nilai paling bagus, namun mempunyai usaha atau pekerjaan yang baik. Hal ini dikarenakan upaya mereka untuk belajar dengan giat terbawa dalam kehidupan. Menjadikan mereka seperti sekarang ini.

Daya juang untuk belajar semasa sekolah dan kuliah, bahkan juga penulis rasakan sampai saat ini.

Pada akhirnya nilai yang kita dapat dalam kehidupan nanti bukan sekedar angka dalam lembaran kertas, namun rejeki, relasi, kepuasan batin dalam pekerjaan kita.. dan masih banyak lagi

Jadi kesimpulannya, nilai itu memang penting untuk diperoleh. Namun upaya secara benar dan jujur dalam belajar untuk meraih nilai itulah yang lebih penting.

Tidak perlu takut nilai raportmu jelek, karena itu bukanlah akhir dari segalanya.
Dan jangan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan nilai yang terbaik, karena itu melemahkan potensi anda dalam berjuang. Seseorang yang ingin berjuang, adalah seseorang yang ingin mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya.

No comments:

Post a Comment